Heineken bersulang untuk pertumbuhan bir paling panas dalam satu dekade |
Meskipun ada penurunan laba secara keseluruhan, pembuat bir terbesar kedua di dunia ini mencatat pertumbuhan penjualan di pasar-pasar utama tahun lalu, meskipun perusahaan itu memperingatkan bahwa 2019 bisa "bergejolak".
"Pada tahun 2018 kami menghasilkan satu tahun lagi pertumbuhan top-line superior. Merek Heineken tumbuh 7,7 persen, kinerja terbaiknya dalam lebih dari satu dekade, dengan Heineken 0,0 sekarang tersedia di 38 negara," kata CEO Heineken Jean-Francois van Boxmeer.
Pembuat bir yang berbasis di Amsterdam ini mencatat laba 1,9 miliar euro untuk 2018, turun 1,6 persen pada tahun sebelumnya, berdasarkan total penjualan 26,8 miliar, naik 3,7 persen.
Penjualan Heineken tumbuh dua digit di Brasil, Inggris, Jerman, Meksiko, Nigeria, Polandia, Afrika Selatan, dan Rusia, sementara China kembali untung, kata perusahaan itu.
Di antara merek-merek lain, penjualan Tiger, Desperados, Birra Moretti dan Krusovice semuanya tumbuh berdasarkan volume.
Tetapi pembuat bir memperingatkan bahwa "memasuki 2019, kami berharap lingkungan tetap tidak menentu dan bergejolak".
Kelompok ini adalah pembuat bir terbesar kedua di dunia setelah AB InBev yang berbasis di Belgia.
Didirikan pada abad ke-19, Heineken memproduksi dan menjual lebih dari 250 merek termasuk bir rasa Desperados tequila, Sol, John Smith's, dan sari Strongbow.
Perusahaan ini mempekerjakan sekitar 80.000 orang di 70 negara di seluruh dunia. Agen Bandar66
Tidak ada komentar:
Posting Komentar